Selasa, 26 Juli 2016


Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamus. Puak Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus anggota, dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika, Asia dan Australasia. Ke dalam puak ini termasuk pula marga Salacca ( misalnya salak), Metroxylon (misalnya rumbia/sagu), serta Pigafetta yang tidak memanjat, dan secara tradisional tidak digolongkan sebagai tumbuhan rotan.




Batang rotan biasanya langsing dengan diameter 2–5 cm, beruas-ruas panjang, tidak berongga, dan banyak yang dilindungi oleh duri-duri panjang, keras, dan tajam. Duri ini berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari herbivora, sekaligus membantu pemanjatan, karena rotan tidak dilengkapi dengan sulur. Suatu batang rotan dapat mencapai panjang ratusan meter. Batang rotan mengeluarkan air jika ditebas dan dapat digunakan sebagai cara bertahan hidup di alam bebas. Badak jawa diketahui juga menjadikan rotan sebagai salah satu menunya.




Sebagian besar rotan berasal dari hutan di Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, Borneo, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Indonesia memasok 70% kebutuhan rotan dunia. Sisa pasar diisi dari Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan Bangladesh.




Rotan cepat tumbuh dan relatif mudah dipanen serta ditransprotasi. Ini dianggap membantu menjaga kelestarian hutan, karena orang lebih suka memanen rotan daripada kayu.




Rotan yang umum dipergunakan dalam industri tidaklah terlalu banyak. Beberapa yang paling umum diperdagangkan adalah Manau, Batang, Tohiti, Mandola, Tabu-Tabu, Suti, Sega, Lambang, Blubuk, Jawa, Pahit, Kubu, Lacak, Slimit, Cacing, Semambu, serta Pulut.



Setelah dibersihkan dari pelepah yang berduri, rotan asalan harus diperlakukan untuk pengawetan dan terlindung dari jamur Blue Stain. Secara garis besar terdapat dua proses pengolahan bahan baku rotan: Pemasakan dengan minyak tanah untuk rotan berukuran sedang /besar dan Pengasapan dengan belerang untuk rotan berukuran kecil.



Selanjutnya rotan dapat diolah menjadi berbagai macam bahan baku, misalnya dibuat Peel(kupasan)/Sanded Peel, dipoles /semi-poles, dibuat core, fitrit atau star core. Adapun sentra industri kerajinan dan mebel rotan terbesar di indonesia terletak di Cirebon.



Pemanfaatan rotan ( sp. Daemonorops Draco ) terutama adalah sebagai bahan baku mebel, misalnya kursi, meja tamu, serta rak buku. Rotan memiliki beberapa keunggulan daripada kayu, seperti ringan, kuat, elastis / mudah dibentuk, serta murah. Kelemahan utama rotan adalah gampang terkena kutu bubuk "Pin Hole".

Batang rotan juga dapat dibuat sebagai tongkat penyangga berjalan dan senjata. Berbagai perguruan pencak silat mengajarkan cara bertarung menggunakan batang rotan. Di beberapa tempat di Asia Tenggara, rotan dipakai sebagai alat pemukul dalam hukuman cambuk rotan bagi pelaku tindakan kriminal tertentu.

Beberapa rotan mengeluarkan getah (resin) dari tangkai bunganya. Getah ini berwarna merah dan dikenal di perdagangan sebagaidragon's blood ("darah naga"). Resin ini dipakai untuk mewarnai biola atau sebagai meni.

Masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah memanfaatkan batang rotan muda sebagai komponen sayuran.

Rotan Sintetis (Synthetic Rattan) adalah Rotan tiruan atau Rotan Plastik yang sengaja di Produksi oleh Pabrik untuk di gunakan sebagai bahan Anyaman Mebel atau Furniture. Rotan Sintetis (Synthetic Rattan) dewasa ini sering di gunakan sebagai Material Anyaman Furniture dan Mebel karena lebih fleksibel.

Selain itu Synthetic Rattan juga lebih memungkinkan di gunakan sebagai Anyaman Mebel atau Furniture dengan berbagai Frame, baik Furniture dengan Frame Kayu Jati (Teak), Mahoni (Mahogany), maupun Alumunium. Salah satu keunikan Rotan Sintetis adalah Warna atau Corak atau Motif yang bisa di sesuaikan dengan keinginan atau selera customer. Dengan Synthetic Rattan menjadikan Mebel atau Furniture lebih ringan sehingga mudah diangkat dan di pindahkan sesuai kebutuhan anda. Selain ringan, Synthetic Rattan juga lebih mudah di bersihkan dan lebih Tahan dari panas matahari. Furniture Outdoor atau Mebel Rotan Outdoor dengan Material Rotan Sintetis (Synthetic Rattan) sering di sebut-sebut sebagai Furniture Outdoor Semua Musim. Furniture Outdoor atau Mebel Outdoor dengan Material Synthetic Rattan sangat ideal di gunakan pada iklim lembab seperti iklim di Amerika selatan atau basah, seperti di tepi kolam renang atau di dekat pantai.

Supplayer Rotan Sintetis
Prduksi Rotan Sintetis
Cahaya Hafidza & Brothers
Telp: 0823 3156 1976
cahayasuksesusaha@gmail.com

Furniture dari bahan rotan sudah lama dikenal sebagai pengisi interior rumah. Namun rotan cenderung mempunyai kelemahan, yaitu tidak terlalu bersahabat dengan cuaca. Ini menyebabkan kursi rotan kurang cocok ditempatkan di luar ruangan, meski akan nampak sangat natural jika diletakkan di taman. Ditambah lagi hama hewan yang suka bersarang di sela-sela lipatan rotan, yang memakan rotan itu sampai lapuk. Di alam bebas, makin lama rotan alami semakin sulit diperoleh, sebagai dampak makin berkurangnya hutan di Indonesia.

Rotan sintetis kami tampil sangat natural, memiliki tekstur sebagaimana rotan asli. Rotan sintetis kami memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap sinar matahari langsung, hujan, dan perubahan cuaca panas dingin. Selain itu juga tahan terhadap kelembaban, air laut, maupun air yang mengandung klorin, sehingga dapat dicuci. Dibuat dari bahan yang tidak mengandung racun maupun logam berat, dan dapat didaur ulang, sehingga ramah lingkungan.Secara teknis, Rattan Sintetis kami dibuat dari High Density Polyethylene(HDPE) . 

Material HDPE ini dapat didaur ulang dan tidak beracun. Kami memilih hanya HDPE yang terbaik untuk proses produksinya, sehingga menjaga konsistensi kualitas produk.

Agar dapat digunakan di luar ruang, Rotan Sintetis kami dibuat dengan formula khusus untuk menjaga agar warnanya dapat bertahan di bawah paparan panas dan hujan. Kami memastikan produk Rotan Sintetis mampu bertahan selama 3 tahun dari pengelupasan, patah, retak, bahkan perubahan warna akibat paparan panas dan hujan; tentunya dalam pemakaian normal dan perawatan yang memadai. Dengan berbagai keunggulan itu, Rotan sintetis cocok diaplikasikan sebagai bahan dasar furniture indoor maupun outdoor, dan juga dalam pembuatan kerajinan berkualitas ekspor.

Kota Malang tak hanya menyimpan sejuta pesona alam, kota ini juga menyimpan kreasi furniture manis yang terbuat dari rotan. Di Malang ada sentra pembuatan rotan loh crafter, sentra kerajinan ini terletak di kawasan Tasikmadu, Malang. Disini crafter bisa memilih dan memesan kreasi rotan sesuai dengan selera crafter. Rotan yang digunakan adalah rotan sintetis, rotan sintetis merupakan rotan tiruan atau rotan plastik. Rotan jenis ini digunakan sebagai bahan anyaman mebel furniture dengan berbagai macam frame seperti frame kayu jati, mahoni maupun alumunium. Salah satu keunikan dari rotan sintetis ini adalah warna dan motif bisa disesuaikan dengan selera customer.

Proses pembuatan rotan sintetis ini memiliki beberapa tahapan crafter, diantaranya : Pertama Pemilihan bahan baku, seperti kayu ataupun rotan sintetis yang digunakan. Kedua membentuk rangka dan pola sketsel. Kemudian setelah rangka dan pola selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah proses penganyaman pada pola yang telah dibuat sebelumnya. Terakhir merapikan bentuk anyaman dengan menggunting bagian-bagian yang sudah tidak diperlukan.

Waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kerajinan ini tergantung seberapa besar dan rumit desain rotan yang dikerjakan. Seperti pembuatan sofa, dalam membuat satu buah sofa dibutuhkan waktu satu minggu dalam menyelesaikannya. Crafter.. tak hanya sofa yang diproduksi oleh home industri ini, terdapat pula barang barang lain yang dijadikan kreasi rotan sintetis ini seperti tas, tempat lampu, tempat tisue hingga meja dengan warna yang menarik.

Dari segi harga, harganya bervariasi crafter, mulai dari harga Rp.10.000,- hingga puluhan juta rupiah. Jika meninjau kelebihan dari kreasi rotan sintetis ini adalah bahan baku yang mudah didapatkan namun memiliki kekuatan yang baik, rotan sintetis mampu bertahan hingga 15 tahun loh crafter.

Peminat ukiran ini pun tak hanya dari kota Malang saja masyarakat Surabaya, Sidoarjo hingga Tuban juga telah menjadi pelanggan setia kerajinan rotan sintetis ini. Crafter, Jika biasanya kerajinan rotan menggunakan warna alami seperti warna coklat, namun pada sentra ini warna yang digunakan berwarna warni yang dapat dijadikan referensi dan pilihan crafter dalam menata perabotan di rumah sehingga kerajinan rotan yang berwarna warni dapat memberikan kesan suasana rumah yang semakin menarik dan cantik.

8 komentar:

  1. BLH ecer gak belinya rotan sintetis ya..
    Misal per warna 2 kg

    BalasHapus
  2. Kita jualnya sesuai kemasan pabrik pak, 3 kg/rol atau per ikat.....

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Siap ibuk, untuk spesifikasi dan harga mohon menghubungi contact person kami di tlp / WhatsApp di : 0823 3156 1976

      Hapus
  4. Mohon daftar harga dikirimkan ke email saya. atau wa ke 082302268278. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi kami di TLP atau WA: 082331561976.

      Terimakasih
      Cahaya Hafidza and Brother's

      Hapus
  5. Mohon diberikan daftar harga terbaru dan stok barang nya franco sidoarjo, syarat pembayaran
    Kami butuh 1 ton per/bulan
    WA. 083830814763
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Harga Variatif dan jenisnya banyak....maka bisa di kirimkan via email kami di : cahayasuksesusaha@gmail.com

      Hapus

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

CH & B Product

Archive

Tas produksi CahayaHafidza & Brother's kali ini di produksi dari bahan baku yang dulunya dipakai untuk anyaman kursi. Seiring ...
  • Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut: 1. Anyaman Datar Jenis any...
  • Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamu...
  • The Jali - jali HandBags by Cahaya Hafidza & Brother's adalah salahsatu kerajinan tangan Tas Anyaman Plastik , karya anak bangs...