Selasa, 16 April 2019




Kerajinan adalah salahsatu produk unggulan di negara kita Indonesia yang masuk dalam kategori produk ekonomi kreatif. Saat ini klaim tentang asal produksi kerajinan ( darimana produk kerajinan itu dihasilkan atau berasal ) masih di dominir oleh kota – kota besar di Indonesia, terutama kota – kota atau daerah – daerah yang mempunyai julukan “ KOTA TUJUAN WISATA “  yang di Indonesia sendiri selalu di dominasi seperti kota Jogjakarta, yang di kenal dengan kota Budaya atau Pulau Bali yang termasyur dengan julukan  “kota Tujuan pariwisata”.

Kecenderungan tersebut semakin meningkat seiring dengan banyaknya turis baik lokal maupun manca negara yang berkunjung atau berlibur ke daerah – daerah seperti yang kami sebutkan diatas. Hal ini mengakibatkan peluang bisnis perdagangan tarutama produk – produk kerajinan atau handycraft terbuka lebar di daerah – daerah tersebut meskipun hanya sebagai pajangan di etalase setiap toko, art shop dan sebagainya yang berfungsi sebagai ruang pamer untuk memperkenalkan produk – produk kerajinan mereka kepada turis – turis yang berkunjung ke daerah tersebut baik lokal maupun manca negara.



Tidak bisa kita pungkiri bahwa tempat – tempat tersebut adalah sebagai pintu masuk untuk memperkenalkan produk -produk kerajinan hasil kreativitas kita agar bisa dikenal oleh banyak orang terutama turis manca negara. Sehingga, tanpa kita sadari bahwa hal tersebut dapat menciptakan “degradasi” bagi daerah asal itu sendiri dimana produk – produk itu di ciptakan atau di hasilkan. 

Sebagai contoh dalam hal industry kreatif kerajinan yang dalam hal ini adalah TasKerajinan anyaman plastic misalnya tas anyaman plastik yang dihasilkan dari daerah Ngawi Jawa Timur yang dalam katalog produk kami beri nama “NgawiHandBags”, atau Tas Anyaman Plastik yang di hasilkan dari kota Ponorogo Jawa Timur, yang dalam katalog kami beri nama “ Ponorogo HandBags”, juga produk TasKerajinan Anyaman Plastik yang di hasilkan atau di ciptakan dari daerah Magelang Jawa Tengah, yang dalam katalog kami beri nama “ Magelang HandBags” dan juga produk tas anyaman plastik yang dihasilkan atau di ciptakan dari kota Pati Jawa Tengah yang dalam katalog kami beri nama “ Pati HandBags” dan masih banyak lagi contoh lain yang tentunya tidak cukup satu lembar HVS untuk menuliskannya. Produk – produk kerajinan khususnya tas anyaman plastik sebagaimana kami sebutkan diatas akan sangat mudah atau banyak sekalli kita temukan di Jogjakarta, Bali, Jakarta dan seterusnya, sehingga orang lain yang dalam hal ini adalah turis manca negara selalu mengatakan bahwa produk tersebut berasal dari Bali, dari Jakarta, dari Yogyakarta dan seterusnya. Hal inilah yang kami sebut sebagai pen “degradasi” an terhadap kota asli atau kota asal di mana produk kerajinan tersebut dihasilkan.



Selain hal itu, kami juga melihat kurang berperannya pemerintah daerah atau kota dalam memaksimalkan perannya dalam mempromosikan produk asal daerahnya yang dalam hal ini produk kerajinan tas anyaman plastik. Atau mungkin pemerintah kota atau daerah masih belum menganggap atau belum menangkap potensi tentang produk kerajinan tas anyaman plastik yang sebenarnya berpotensi besar untuk mengangkat nama daerah tersebut dimata internasional. Atau bisa juga belum menganggap popular sebagai alat atau media untuk mengangkat nama daerah di mata dunia.

Karena hal tersebut diatas maka, kami hadir…..Cahaya hafidza &Brother’s hadir untuk itu semua, untuk mengangkat ke populeran kerajinan tas anyamanplastik serta daerah asal produk tersebut dihasilkan atau di ciptakan dimata internasional. Cahaya Hafidza & Brother’s hadir untuk membantu mengangkat nama - nama daerah dimana produk itu di hasilkan, hal ini kami buktikan salah satunya dengan cara memberi nama produk – produk kerajinan khususnya kerajinan tas anyaman plastik dengan mengikutsertakan nama daerah asal pada produk yang kami produksi seperti : Magelang HandBags, Ngawi Handbags, Ponorogo HandBags, Boyolali HandBags, Pati HandBags dan seterusnya. Itu adalah bentuk komitmen kami dalam memperkenalkan produk – produk kerajinan terutama kerajinan tasanyaman plastik di dunia Internasional, mengangkat nama-nama daerah atau kota dimana produk itu dihasilkan di mata dunia Internasional. Kami, Cahaya Hafidza& Brother’s tidak akan mengklaim bahwa itu adalah produk asli yang kami hasilkan, kami hanya fasilitator bagi para penganyam, para pekerja dalam industrykerajinan tas  anyaman plastik yang ada di desa – desa, di kampung – kampung yang tersebar diseluruh pelosok pulau Jawa dan target kami bisa membantu mengembangkan produk – produk kerajinan tasanyaman plastik yang ada di seluruh pelosok Indonesia.



Kami membantu memberikan fasilitas dalam hal ketersediaan bahanbakukerajinan tas anyaman plastik, membantu mngembangkan pemasaran hingga ke manca negara, memberi pelatihan berupa ketrampilan, mengelola keuangan agar mereka melek finansial yang tentunya akan dapat membantu kesejahteraan mereka para penganyam kerajinan tas anyaman palstik secara sosial dan ekonomi.

Kami , Cahaya Hafidza & Brother’s memiliki tekad dan keyakinan bahwa dengan upaya tersebut akan dapat membantu mengangkat nama – nama daerah asal kerajinan tas anyaman plastik di mata dunia internasional, menciptakan dampak positif bagi para pekerja, penganyam khusunya kerajinan tas anyaman plastik secara social dan ekonomi yang semoga ber efek pada kesejahteraan kehidupan mereka. Karena kami, Cahaya hafidza & Brother’s tidak sekedar berorientasi pada profit saja ( profit oriented ) akan tetapi juga berorientasi pada pemerataan oriented juga social oriented.

Jika Anda Membutuhkan Produk - produk Tersebut
Anda Bisa Menghubungi Kami pada Contact Person berikut ini :

e-mail   : cahayasuksesusaha@gmail.com
Tlp/WA  : +62 823 3156 1976

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

CH & B Product

Archive

Tas produksi CahayaHafidza & Brother's kali ini di produksi dari bahan baku yang dulunya dipakai untuk anyaman kursi. Seiring ...
  • Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut: 1. Anyaman Datar Jenis any...
  • Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamu...
  • The Jali - jali HandBags by Cahaya Hafidza & Brother's adalah salahsatu kerajinan tangan Tas Anyaman Plastik , karya anak bangs...