Senin, 17 Juni 2019

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, beragam suku atau etnis, beragam bahasa, beragam kebudayaan serta kekayaan sumber daya alam adalah potensi besar yang sebenarnya bisa membuat lebih dari 260 juta penduduknya sejahtera dan hidup makmur, asalkan kita mengetahui bagaimana caranya mengelola dan memanfaatkan potensi - potensi tersebut diatas secara benar, kreatif dan pantang menyerah.  Kenapa saya katakan harus secara benar, kreatif dan pantang menyerah, yach.....karena 3 hal tersebut itulah yang merupakan tahapan - tahapan dasar untuk memanfaatkan anugerah terbesar dari Tuhan yang telah diberikan kepada bangsa ini. Secara "BENAR" yang kami maksud adalah menggunakan dan memanfaatkan secara benar segala sumber daya tersebut bukan hanya  memanfaatkan dalam pengertian meng "EXPLOITASI"....... tetapi juga harus memikirkan keberlangsungan kehidupan dimasa yang akan datang tentang segala sumber daya tersebut bukan hanya sekedar self oriented tetapi juga harus "win - win solution" sehingga sumber daya tersebut dapat terus dipergunakan oleh generasi yang akan datang. Kemudian yang kedua haruslah "KREATIF", tidak hanya sekedar mengikuti trend pasar saja tetapi juga harus mampu menciptakan inovasi - inovasi baru sehingga bisa menjadi trend pasar berikutnya. dan yang terakhir adalah "PANTANG MENYERAH", karena dengan mental pantang menyerah berarti kita akan menjadi pribadi - pribadi yang tangguh yang siap untuk bertarung ditengah - tengah persaingan global yang sangat ketat.

Bisnis kerajinan atau Handycraft yang dalam hal ini adalah Tas Kerajinan Anyaman Plastik, menurut kami adalah bisnis yang sangat - sangat ber orientasi masa depan yang masih punya peluang besar yang akan mampu bersaing ditengah - tengah perkembangan global saat ini yang serba digital, Kenapa kami katakan seperti itu, karena menurut kami se "moderen - moderen" nya dan se canggih - canggih zaman ini justru akan semakin membuat orang - orang nya semakin merindukan tentang ke "UNIK" an, semakin merindukan ke "KLASIK" an dan semakin merindukan "CIRI KHAS"  akan sesuatu. Perlu anda ketahui bahwa barang "KUNO" justru semakin melambung harganya dan menjadi buruan para milyarder di zaman sekarang, bukan karena bentuknya secara fisik akan tetapi nilai sejarahnya lah yang membuat harganya semakin mahal. Hal itulah yang membuat Bisnis Kerajinan atau Handycraft yang dalam hal ini adalah Kerajinan Tas Anyaman Plastik akan tetap bisa bertahan ke depan karena mengandung unsur ke "UNIK" an dan ke "KLASIK" an akan suatu produk. Karena kerajinan Tas Anyaman Plastik terdapat ke "CIRI KHAS" an yang menggambarkan daerah tertentu darimana produk itu berasal atau di ciptakan. 

Bisnis Kerajinan atau Handycraft yang dalam hal ini adalah Tas Kerajinan Anyaman Plastik juga mengandung nilai seni yang sangat tinggi dikarenakan ke "UNIK" an atau ke "KLASIK" an kenapa....??, karena produk tersebut tidak diciptakan atau di hasilkan produksinya oleh mesin - mesin canggih akan tetapi di hasilkan oleh tangan - tangan terampil manusia, oleh karenanya produk - produk kerajinan atau Handycraft selalu identik dengan sebutan "HANDMADE", oleh karenanya kami, Cahaya Hafidza & Brother's selalu memberi nama produk - produk kami dengan kata HandMade atau HandBags.....misalnya Ponorogo HandBags, Magelang HandBags, Boyolali HandBags, Pati HandBags dan seterusnya.

TAHAPAN BER BISNIS TAS KERAJINAN ANYAMAN PLASTIK BAGI PEMULA.

Yang perlu anda ketahui pertama kali jika ingin memulai bisnis tas kerajinan anyaman plastik adalah KETERSEDIAAN BAHAN BAKU, komponen ini adalah kunci pertama ketika ingin memulai bisnis ini, anda tidak boleh tergantung kepada satu produsen saja melainkan harus lebih....kenapa..??, jika anda tergantung hanya pada satu produsen penyedia bahanbaku kerajinan tas anyaman plastik maka tidak mustahil anda akan mengalami delay produksi yang secara otomatis juga akan mengakibatkan delay juga dalam melayani konsumen anda, kalau toh anda bergantung pada satu supplayer bahanbaku tas kerajinan anyaman plastik, anda wajib tau tujuan dari supplayer tersebut, apakah dia betul - betul hanya penjual bahanbaku tas anyaman plastik saja atau juga merupakan pemain dari bisnis ini juga (maksud saya...apakah supplayer tersebut juga merupakan penjual hasil produksi dari bahanbaku tersebut juga). 




Kalau iya berarti anda bersaing dengannya akan tetapi jika tidak, maka anda akan lebih beruntung karena tidak memiiki kompetitor yang pegang kendali pada ranah tersebut. Akan tetapi...kami Cahaya Hafidza & Brother's selain sebagai supplayer bahanbaku tas kerajinan anyaman plastik, kami juga memproduksi tas kerajinan anyaman plastik juga....meskipun demikian anda tidak perlu risau dengan kami karena kami Cahaya Hafidza & Brother's telah menetapkan Visi dan Misi kami dalam menggeluti bisnis ini adalah karena ingin membantu kepada para pengrajin tas anyaman plastik diseluruh pelosok nusantara terutama di pelosok - pelosok desa agar bisa lebih berkembang atau lebih gamblangnya......tujuan kami tidak sekedar profit oriented namun juga sosial oriented dan hal tersebut telah menjadi keyakinan kami yang menyebabkan bisnis kami bisa terus exis dan berkembang. 

Tahapan berikutnya adalah PASAR atau segment market. Anda perlu untuk memetakan pasar yang ingin anda tuju, apakah anda ingin berjualan hasil produk tas kerajinan anyaman plastik yang anda hasilkan  ke pasar - pasar tradisional lokal, nasional atau bahkan ingin menjualnya ke global market atau pasar internasional. Selain itu anda juga harus menentukan target konsumen yang ingin anda tuju, apakah di kalangan bawah, di kalangan middle low atau bahkan dikalangan middle up, karena hal tersebut juga berimbas pada kualitas serta kreativitas desain dari produk yang akan anda produksi. Semakin jelas segment market serta target konsumen yang ingin anda tuju maka akan memperjelas kreasi dalam memproduksi tas anyaman plastik tersebut.



Dan hal terakhir ketika ingin memulai bisnis tas kerajinan anyaman plastik menurut kami adalah "PARA PEKERJA / PENGANYAM". Ketika anda menjalin relasi dengan para penganyam, anda perlu bertanya kepada diri sendiri terlebih dahulu tentang niatan anda secara jujur ketika ingin memulai bisnis ini, apakah hanya sekedar mencari keuntungan pribadi sebesar - besarnya semata atau anda ingin membantu mereka dari sisi sosial ekonomi. Kami menilai secara universal bahwa setiap usaha atau berbisnis selalu berpatokan dengan hukum - hukum ekonomi yakni : carilah untung sebesar - besarnya dengan biaya produksi sekecil - kecilnya karena dengan demikian anda akan memperoleh manfaat secara materi yang besar pula. 


Hal itu tidak ada salahnya dan kami kira 75% orang yang berbisnis selalu seperti itu dan itu wajar, namun percayalah.......jika semua hasil yang kita peroleh dari setiap usaha yang kita geluti, apapun itu........akan lebih baik jika berprinsip pada kemaslahatan bagi banyak orang serta keberkahan rizki yang kita hasilkan. Namun, apapun tujuan anda ketika ingin memulai bisnis ini, saran kami....mulailah dengan sungguh - sungguh dan pantang menyerah.




Dan Selamat memulai........salam sukses dari kami.
Cahaya Hafidza & Brother's

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

CH & B Product

Archive

Tas produksi CahayaHafidza & Brother's kali ini di produksi dari bahan baku yang dulunya dipakai untuk anyaman kursi. Seiring ...
  • Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut: 1. Anyaman Datar Jenis any...
  • Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamu...
  • The Jali - jali HandBags by Cahaya Hafidza & Brother's adalah salahsatu kerajinan tangan Tas Anyaman Plastik , karya anak bangs...