Selasa, 01 Januari 2019


Salahsatu factor bertahannya industry rumahan agar bisa bertahan adalah market / pasar yang berarti juga adalah permintaan pasar        ( demand ). Semakin meluasnya permintaan pasar akan suatu produk, berati semakin berkembang juga usaha tersebut yang secara otomatis akan mempertahankan usaha itu untuk tetap hidup.




" Kelemahan yang paling klise pada usaha industry rumahan yang ada di Indonesia adalah keterbatasan market nya yang terbatas pada pasar – pasar tradisional lokal saja. Selain itu juga banyak factor lainnya yang menyebabkan usaha tersebut menjadi stagnan, misalnya : keterbatasan kreativitas pelaku usaha dalam  menciptakan produk-produk baru, salahnya sikap pelaku usaha dalam berkompetisi karena menganggap kompetitor adalah pesaing yang akan saling mematikan usaha satu sama lain, Pola pikir yang terkungkung pada permintaan pasar lokal saja sehingga mematikan mindside pelaku usahanya untuk exspansi, keterbatasan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada serta dikotomi yang salah terhadap modal yang dianggap sebagai satu-satunya instrument penting dalam mengembangkan usaha dan lain sebagainya ".





Cahaya Hafidza &Brother’s adalah industry rumahan yang memproduksi tas-tas kerajinan anyaman plastik yang berpusat di Ponorogo Jawa Timur adalah salahsatu industry rumahan atau usaha kecil yang mencoba untuk exist dalam industry rumahan terutama padakerajinan tas anyaman plastic yang mengabaikan polapikir atau mindside seperti tersebut diatas. Cahaya Hafidza & Brother’s adalah usaha kecil industry rumahanyang memproduksi tas anyaman plastic dengan modal 0 rupiah sejak awal dirintis. Kami hanya menjual kepercayaan kepada pasar yang dalam hal ini adalah konsumen dan meyakini bahwa konsumen adalah raja yang akan mempercayai kemampuan kami dalam memproduksi produk yang dalam hal ini adalah tas kerajinan anyamanpalstik sesuai dengan yang mereka ingini baik dari segi kualitas produk, ketepatan waktu produksi serta kekakraban dalam melayani setiap konsumennya. 


Cahaya hafidza &Brother’s akan terus berinovasi dan akan terus berkreasi dalam menciptakan produk-produk baru khususnya tas kerajinan anyaman plastic. Kerjasama yang baik dengan pabrik selaku penyuplai bahanbaku tali plastic, kerjasama yang baik dengan para pekerja/penganyam dalam pemberian upah, pembinaan, pembimbingan serta arahan dalam menciptakan produk sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan konsumen, selalu menganggap kompetitor adalah inisiator yang selalu memberi inspirasi untuk mencipatakan produk-produk baru yang berkualitas serta menginspirasi untuk selalu memberi layanan yang terbaik terhadap para konsumennya.


Pabrik pembuatbahanbaku tali plastic, Penganyam atau pekerja serta konsumen adalah stakeholder yang tak terpisahkan dalam industry tas anyaman plastic. Simbiosis mutualisme yang tak terpisahkan dalam setiap industry tas anyaman palstik. Cahaya Hafidza& Brother’s selalu menempatkan ke tiga instrument tersebut diatas adalah sebagai pilar utama dalam menciptakan dan memproduksi tas-tas kerajinan anyamanplastik.  Karena kami selalu meyakini bahwa dalam setiap keterbatasan yang ada selalu ada peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk terus berkembang dan terus berinovasi dalam mencipatakan produk-produkyang berkualitas khususnya tas kerajinan anyaman plastic.




Dengan pemetaan segment market yang tepat baik lokal maupun internasional, Alhamdulillah….CahayaHafidza & Brother’s mampu menembus pasar-pasar internasional seperti Belanda, South of Korea, Germany, United Kingdom, japan Serta Malaysia. Dengan demikian problem exsternal yang dalam hal ini adalah market / demand telah teratasi, tinggal sekarang adalah pemetaan dan penataan factor internal seperti kualitas produksi, ketepatan waktu produksi agar sesuai dengan exspectasi konsumen, kretivitas produksi dan sebagainya secara otomatis akan mengikuti perkembangannya kea rah yang lebih baik lagi seiring meningkatnya jumlah konsumen serta meningkatnya segmentasi pasar.




0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

CH & B Product

Archive

Tas produksi CahayaHafidza & Brother's kali ini di produksi dari bahan baku yang dulunya dipakai untuk anyaman kursi. Seiring ...
  • Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut: 1. Anyaman Datar Jenis any...
  • Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamu...
  • The Jali - jali HandBags by Cahaya Hafidza & Brother's adalah salahsatu kerajinan tangan Tas Anyaman Plastik , karya anak bangs...