Minggu, 22 November 2020



Tahun 2017 Merupakan Masa Titik Balik Bagi Perkembangan Tas Jali - jali di Indonesia, Tas Anyaman Plastik yang dulunya terabaikan oleh konsumen kini telah menjadi Trendsetter baru bagi produk Handycraft khususnya Tas Anyaman Plastik. Salahsatu jenis material yang dulunya hanya digunakan untuk membuat anyaman kursi yang ketinggalan zaman bila dibandingkan dengan material jenis Rotan Sintetis, saat ini telah menjadi icon baru bagi Salahsatu Produk Handycraft di Indonesia Bahkan di Dunia.

Pada Masa itu Tas Jali - jali Hanya mempunyai 4 janis warna saja yaitu : Merah Garis Tengah Putih, Kuning Garis Tengah Putih, Hijau Garis Tengah Putih serta Biru Garis Tengah Putih. Meski hanya mempunyai 4 jenis varian warna, hal itu tidak mengendorkan niat kami untuk mengembangkan penggunaan material tersebut untuk hasil karya yang berbeda, karena naluri kami saat itu menilai jika jenis material ini mempunyai ke unikan tersendiri. Dan ternyata instink bisnis kami pun tidak meleset, karena material jali yang dulunya terabaikan itu, lambat laun mulai bisa menyentuh hati para konsumen setelah diubah menjadi bentuk yang berbeda yakni Tas Anyaman plastik. Permintaan akan tas Jali - jali pun terus meningkat meski hanya memilliki 4 varian warna seperti yang telah kami sebutkan diatas. Hingga pada akhirnya seluruh juragan -juragan Tas Anyaman Plastik di Ponorogo pun mulai berlomba dan bersaing dalam memproduksi Tas tersebut.

Meski demikian, meningkatnya permintaan konsumen akan tas Jali - jali tersebut justru malah menjadi batu sandungan bagi kami Cahaya Hafidza & Brother's dan sekaligus menjadi ujian kami yang pertama. Karena saat itu supplier material tersebut hanya di miliki oleh satu perusahaan saja dan itu pun bukan perusahaan yang besar. kami tidak kebagian supplay material dan di tinggalkan justru ketika permintaan konsumen akan tas Jali - jali tersebut semakin meledak kepada kami, Entah kenapa tanpa sebab yang jelas....pabrik yang satu satunya memproduksi material tersebut meningglkan kami tanpa sebab yang jelas, meskipun pabrik tersebut terus memproduksi tapi hanya diberikan kepada pengrajin -pengrajin lain saja.......dan kami tidak pernah kebagian material sama sekali.

Pada saat itu kami hanya mempunyai pikiran positif sebagai sarana untuk menghibur diri sendiri dan juga menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman serta pembelajaran yang sangat luar biasa yang pada akhirnya justru membuat kami Cahaya Hafidza & Brother's terus bertumbuh dan menjadikan kami lebih tangguh lagi dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Setelah hmpir 1 tahun kami tidak dapat memproduksi dan menjual Tas Jali - jali tersebut dikarenakan tidak ada yang mensupplai materialnya kepada kami.....Allhamdulillah .....pada akhirnya kerja keras kami dalam mencari produsen material itu pun terjawab, lumayan juga tenaga dan biaya yang kami keluarkan untuk terus mengajari salahsatu pabrik di Jawa Timur yang dulunya hampir menyerah dalam uji coba produksi..... akhirnya pun terjawab....yess kami berhasil menemukan formulanya dan disitulah awal mula terciptanya 26 varian warna baru pada jali - jali material yakni : Solid Black, Solid Pink, Solid Purple, Solid Yellow, Solid Red, Solid Green, Solid White, Solid Orange, Solid Brown dan warna Solid Blue. Kemudian ada juga warna yang kami balik dari warna yang telah lebih dulu ada : White Black, White Blue, White Pink, White Green, White Brown, White Yellow, White Red, White Purple serta warna White Orange, Hingga pada akhirnya warna - warna itu pun menjadi warna - warna favorite bagi konsumen Tas Jali - jali di Indonesia. Hingga pada akhirnya terjadi penyebutan baru bagi Tas Jali - jali yang diciptakan oleh para konsumen setianya yakni : Tas jali _ jali Premium.....tas jali - jali Original dan sebagainya.

Meski demikian, cobaan dan ujian yang kami alami pun tidak berhenti.... disaat konsumen tas Jali - jali di Indonesia telah dimanjakan dengan banyaknya pilihan varian warna yang lebih variatif hingga membuat para pengrajin pun dapat meraup keuntungan yang lebih besar karena membanjirnya permintaan Tas Jali - jali hingga sampai ke manca negara sperti Asia, Eropa serta Amerika............Cobaan kami pun datang lagi dan bahkan lebih dahsyat daripada cobaan yang pertama.

Pabrik yang telah bekerjasama dengan kami hampir 2 tahun pun pada akhirnya meninggalkan kami juga dengan alasan yang tidak logis, Bersamaan dengan itu penganyam penganyam kami yang benar - benar kami ajari benar - benar mulai dari NOL BESAR.......pun PECAH......, Pabrik yang dulunya kami yakinkan utnuk belajar dan memproduksi material jali - jali yang hampir putus asa dan menyerah kini semakin merajalela dengan terus menekan para konsumen dengan harga yang semakin terus melonjak mahal dan sangat tidak masuk akal, Namun para pengrajin tas jali - jali pun tetap saja terus membeli karena merekapun sangat membutuhkan akan material tersebut seiring semakin meledaknya permintaan konsumen diseluruh dunia akan tas tersebut, bahkan ledakannya pun lebih dari 10 kali lipatnya dari sebelumnya.

Bagi Kami , Cahaya Hafidza  & Bother's........hal tersebut adalah bukti ketangguhan kami dalam menggeluti bisnis ini. Hal itu membuat kami semakin kuat lagi, semakin kreatif lagi dan semakin tangguh lagi dalam percaturan bisnis handycraft khusunya tas anyaman plastik.

Hal itu terbukti jika hari ini kami telah menemukan partner baru lagi, kami telah berkreativitas dan bahkan lebih kretive lagi dibanding sebelum sebelumnya, hal itu membuat kami menemukan Produk Baru, dunia baru lagi....partner baru, kreativitas baru yang semakin kami perbesar, jaringan baru kami yang semakin diperluas bahkan sampai melebar ke negara - negara yang dulunya belum sempat kami fikirkan sama sekali....namun mereka telah menjadi bagian dari kami, dan konsumen konsumen kami pun semakin setia kepada kami, kepada produk kami bahkan terhadap BRAND kami ....Cahaya Hafidza & Brother's.

Kami telah menluncurkan produk material jenis baru lagi yang lebih estetik, telah kami luncurkan warna warna baru pada produk Jali - jali HandBags, Kami telah meluncurkan produk Jali - jali Bags PASTEL SERIES dengan warna : Pastel Green, Pastel Blue, Pastel Brown, Lime Green, Lime Orange dan seterusnya,  yang saat ini telah menjadi idola baru bagi para konsumen Tas Jali - jali dan menjadi trendsetter baru lagi pada Tas Jali - jali di Indonesia dan dunia.

Kami selalu berfikir dan belajar bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, banyaknya kesalahan dan kekuranngan yang kami alami adalah penyebab kesadaran kami untuk terus belajar dalam berbisnis dan berprilaku, kami sadar jika dunia ini sangatlah luas yang tentunya sangatlah tidak mungkin kita menguasainya dan menempatinya sendiri, kita membutuhkan orang lain untuk berbagi karena dunia ini luas dan Tuhan pun Maha Kaya.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

CH & B Product

Archive

Tas produksi CahayaHafidza & Brother's kali ini di produksi dari bahan baku yang dulunya dipakai untuk anyaman kursi. Seiring ...
  • Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut: 1. Anyaman Datar Jenis any...
  • Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamu...
  • The Jali - jali HandBags by Cahaya Hafidza & Brother's adalah salahsatu kerajinan tangan Tas Anyaman Plastik , karya anak bangs...