Rabu, 16 Desember 2015

Definisi dan pengertian seni kerajinan adalah cabang seni yang menekankan pada ketrampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannya. Hingga kini seni kerajinan terus berkembang dengan pesat dan munculnya berbagai karya baru. Seni kerajinan tumbuh atas desakan kebutuhan praktis dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia berdasarkan pengalaman yang diperoleh disetiap harinya.
Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Secara etimologi,kata 'kerajinan' berasal dari kata 'rajin' yang artinya barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Seni kerajinan atau lebih sering disebut dengan seni kriya berasal dari kata ‘Kr’ dalam bahasa sansekerta, ‘Kr’ ini memiliki arti mengerjakan. Dari kata tersebutlah muncul kata karya, kriya dan juga kerja. Seni kerajinan atau seni kriya ini dianggap sebagai seni yang unik dan berkualitas tinggi karena didukuni oleh craftmanship yang tinggi.

Arti yang lain ialah usaha yang berterusan penuh semangat ketekunan, kecekalan, kegigihan, dedikasi dan berdaya maju dalam melakukan sesuatu perkara. Kerajinan Tangan bisa disebut juga suatu kegiatan dalam menciptakan suatu bentuk produk yang dominan menggunakan tangan manusia, yang sangat minim dalam penggunaan mesin atau alat otomatis.Hal yang lumrah dalam pembuatan kerajinan tangan adalah mengangkat suatu nilai dari bahan atau barang yang tidak layak pakai (barang bekas), sehingga memiliki fungsi untuk kehidupan dan tentunya bernilai ekonomis.

Dalam Kerajinan Tangan, kapasitas produksi terukur dari jumlah orang yang terlibat didalamnya. Selain itu adanya pengaruh ketersediaan bahan baku utama dan pendukung, karena bahan bekas ketersediannya tidak bisa diprediksi, kecuali dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut menggunakan lebih banyak bahan baru. Bahan yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan adalah bahan baru yang bisa kita beli di toko juga menggunakan barang bekas layak pakai, serta bahan yang melalui pendaurulangan.

Merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang. Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang - barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan.

Dalam membuat kerajinan tangan tentunya dibutuhkan jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi.Pemahaman terhadap peluang usaha ini tidaklah mudah, tetapi juga bukanlah hal yang rumit.Kuncinya kita harus memiliki kemauan yang tinggi dan bersungguh-sungguh.

Mengubah barang bekas menjadi barang yang berguna merupakan peluang yang sangat besar.Saat ini bisa kita lihat bermunculan pengusaha barang bekas yang tentunya bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Apalagi dengan sentuhan kreatifitas pastinya akan menciptakan nilai yang jauh lebih besar lagi. Semoga saja nantinya lebih banyak generasi muda kreatif yang mampu menyulap barang bekas menjadi suatu produk yang memiliki nilai yang tinggi melalui usaha kerajinan tangan. Potensi ini selain mendatangkan income secara pribadi tetapi akan mampu menghidupi orang banyak yang terlibat didalamnya, juga akan mampu mengangkat potensi pariwisata Indonesia.

Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu.

Nilai - nilai yang dibutuhkan untuk membuat suatu kerajinan adalah memiliki kecakapan, keahlian, penguasaan dalam proses pembuatan produk, dan kreatifitas/imajinasi.

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :

1. Kerajinan bahan alam --> merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bahan-bahan alam seperti : serat alam ,bambu,rotan .

2. Kerajinan bahan buatan --> merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastik,gips,sabun,lilin,dan lain lain.

Beda kerajinan dan pabrik :
- Kerajinan  : Dibuat dengan tangan
- Pabrik  : Dibuat dengan mesin

Macam-macam seni kerajinan :
Seni kerajinan terdiri dari beberapa macam dan masing-masing memiliki fungsi berbeda. Seni kerajinan harus tetap dilestarikan dengan karyanya yang penuh nilai seni tinggi maka beberapa orang perlu memahami akan macam-macam seni kerajinan. Berikut adalah macam-macam dari seni kerajinan :

    Seni kerajinan tangan, merupakan cabang karya seni yang memprioritaskan ketrampilan tangan dalam membuat benda. beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan tangan meliputi unsur-unsur bordir, renda, seni lipat, seni dekoratid, dan juga seni yang menekankan ketrampilan tangan. Seni dan pengetahuan lain bisa dipahami oleh pembaca dalam upaya pengembangan kepribadian serta keanekaragaman. Hasil karya kerajinan tangan sangatlah banyak dan tidak sedikit para seniman yang berhasil menjadi seniman sukses karena karyanya yang bisa dipasarkan dengan harga mahal.

    Seni kerajinan anyam, salah satu yang terkenal adalah kerajinan ayaman Lombok. Dimana seni kerajinan anyaman dari pulau Lombok terbuat dari beragam jenis bahan baku mulai dari bambu, rotan, atau sejenis rumput yang berasal dari gunung. Selain itu, perpaduan antara seni kerajinan anyaman bambu dan juga rotan, serta ate mampu menciptakan sebuah kombinasi yang menarik dan juga serasi. Sentuhan bahan pewarna yang biasanya mirip dengan warna alami dibuat dari komponen bahan baku sehingga menciptakan sebuah keindahan dengan nilai seni tinggi. Dari keindahan tersebut anyaman ini menjadi kerajinan khas dari pulau Lombok.

    Seni kerajinan keramik, dimana kerajinan keramik ini dibuat dari tanah liat yang melalui proses pembakaran. Keramik merupakan bahan bangunan yang dimanfaatkan oleh banyak kalangan. Dari teknologi pembakaran ini, bisa menghasilkan genteng, porselin, dan juga gerabah yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah penjelasan tentang pengertian seni kerajinan lengkap dengan macam-macam seni kerajinan yang memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Seni kerajinan, kini terus dilestarikan oleh para seniman di nusantara. Perkembangan terknologi membawa pengaruh positif terhadap perkembangan seni kerajinan. Sehingga munculnya berbagai kerajinan tangan, maupun anyaman dengan kombinasi menarik yang mampu membuat karya seni tersebut memiliki nilai jual tinggi.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

CH & B Product

Archive

Tas produksi CahayaHafidza & Brother's kali ini di produksi dari bahan baku yang dulunya dipakai untuk anyaman kursi. Seiring ...
  • Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut: 1. Anyaman Datar Jenis any...
  • Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamu...
  • The Jali - jali HandBags by Cahaya Hafidza & Brother's adalah salahsatu kerajinan tangan Tas Anyaman Plastik , karya anak bangs...